Rabu, 26 November 2014

Mengapa orang yang mengalami rabun dapat melihat lebih baik dengan menggunakan kacamata ?

Rabun jauh ( miopi ) atau rabun dekat ( hipermetropi ) adalah kelainan dimana otot siliaris mata tidak dapat berfungsi dengan baik. Sehingga, kemampuan otot siliaris mata untuk menebal dan menipis menjadi terganggu.
            Rabun terjadi karena
bayangan yang dihasilkan oleh lensa tidak terjatuh ttepat pada retina mata. Miopi terjadi karena bayangan yang dihasilkan oleh lensa jatuh di depan retina. Sedangkan hipermetropi terjadi karena bayangan yang dihasilkan jatuh di belakang retina.

Tetapi dengan menggunakan kacamata, bayangan yang dihasilkan lensa dapat tepat jatuh di retina mata. Cacat mata sendiri terbagi meenjadi tiga yaitu Miopi, Hipermetropi, dan Presbiopi.


a. Miopi
Miopi atau rabun jauh adalah salah satu jenis cacat mata yang penglihatannya tampak buram jika melihat benda-benda jauh. Hal ini disebabkan bola mata terlalu tebal. Kecilnya daya akomodasi menyebabkan berkas cahaya yang seharusnya tiba di retina berpotongan di depan retina. Dengan kata lain, bayangan berada jauh di depan retina. Untuk menolong cacat mata miopi, kamu harus menggunakan lensa yang dapat menyebarkan sinar agar bayangan tepat di retina. Lensa tersebut adalah lensa cekung atau lensa negatif yang bersifat divergen.

b. Hipermetropi 
Selain ada orang yang tidak dapat melihat dengan jelas benda-banda jauh, ada pula orang yang tidak dapat melihat dengan jelas benda-benda dekat (lebih besar dari 25 cm). Cacat mata seperti ini disebut hipermetropi atau rabun dekat. Pada umumnya, rabun dekat disebabkan bola mata yang terlalu datar. Berkas sinar bias yang seharusnya berpotongan di retina akan berpotongan di belakang retina. Akibatnya, penglihatan menjadi buram. Cacat mata rabun dekat harus ditolong oleh lensa yang dapat mengumpulkan sinar sehingga sinar yang masuk dapat difokuskan di retina. Lensa apakah itu? Lensa itu adalah lensa cembung atau lensa positif.

c. Presbiopi 
Presbiopi merupakan cacat mata yang lebih banyak disebabkan oleh faktor usia. Orang yang usianya sudah lanjut, daya akomodasinya semakin lemah sehingga lensa mata sukar mencembung secembung-cembungnya dan sukar memipih sepipih-pipihnya. Cacat mata presbiopi adalah cacat mata yang tidak dapat melihat benda-benda jauh atau dekat dengan jelas. Untuk menolong orang yang menderita cacat mata presbiopi, harus digunakan kacamata rangkap. Lensa kacamata rangkap terdiri atas lensa cekung untuk melihat benda-benda jauh dan lensa cembung untuk melihat benda-benda dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar