Kamis, 27 November 2014

Bagaimana prinsip kerja semprotan obat nyamuk ? Mengapa cairan yang letaknya lebih rendah bisa tersemprot ke atas ?


Penyemprot Racun Serangga hampir sama prinsip kerjanya sama dengan penyemprot parfum. Jika pada penyemprot parfum Anda menekan tombol, maka pada penyemprot racun serangga Anda menekan masuk batang penghisap.

Ketika batang penghisap masuk, udara yang ada di dalam tabung meluncur keluar melalui
pipa 1. Karenanya, udara dalam pipa 1 mempunyai laju yang lebih tinggi. Karena laju udara tinggi, maka tekanan udara pada pipa 1 menjadi rendah. Sebaliknya, udara dalam pipa 2 mempunyai laju yang lebih rendah. Tekanan udara dalam pipa 2 lebih tinggi. Akibatnya, cairan di dalam wadah, didorong ke atas. Ketika cairan tiba di pipa 1, udara yang meluncur dari dalam tabung mendorongnya keluar.
Biasanya lubang berukuran kecil, sehingga cairan meluncur dengan cepat. Ingat persamaan kontinuitas, kalau luas penampang kecil, maka fluida bergerak lebih cepat. Sebaliknya, kalau luas penampang pipa besar, maka fluida bergerak pelan.
(http://rodhanzulkifli.blogspot.com/2012/12/hukum-bernoulli-dan-penerapannya.html)

3 komentar:

  1. apakah luas penampang pipa 1 = pipa 2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pipa 1 = pompa
      Pipa 2 = pipa tandon
      .
      Diameter pipa 2 lebih besar daripada pipa 1. Namun, pipa 1 memiliki lubang yang kecil diujungnya. Biasanya, diameter lubang pada pompa akan sama dengan diameter pipa tandon.

      Hapus
  2. Apaan si bukan nya diameter pipa 1 lebih besar daripada pipa 2 sepeti gambar

    BalasHapus